Berlatar belakang banyaknya bencana yang terjadi di Ponorogo akhir-akhir ini, Polres Ponorogo membuat aplikasi "SIAGA". Aplikasi Siaga adalah aplikasi yang bisa di gunakan oleh setiap masyarakat Ponorogo dan bisa langsung terhubung ke sektor terkait.
paringan.blogspot.com
Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi mengatakan aplikasi ini tidak hanya intern Polres, namun juga ada instansi lain yang juga ikut bergabung.

Ada Kodim 0802, BPBD Ponorogo, RSUD Harjono Ponorogo, Dinkes Ponorogo, Dinsos Ponorogo, Dinas PU Ponorogo dan PMK Ponorogo.

Suryo menuturkan ada dua tombol dalam Aplikasi Siaga yaitu Pannic Button Kriminal, Lantas dan tombol E-tanggap Bencana. "Untuk button kriminal dan lantas itu penanggung jawabnya Polres Ponorogo. Namun untuk e-tanggap bencana penanggung jawabnya BPBD Ponorogo" terangnya.

Pembuatan Apikasi ini berdasarkan pengalaman, karena memang saat bencana longsor di Desa Banaran Pulung ada keterlambatan informasi.

Dengan ada aplikasi ini diharapkan masyarakat tinggal buka handphone dan langsung melaporkannya. Langsung terhubung dengan masing-masing sektor.

Source : BeritaJatim