-->

Kumpulan Makalah, Artikel dan Share Informasi

PIKIRAN NEGATIF MENGENAI HARI TUA DAPAT MENINGKATKAN RESIKO ALZHEIMER

pict : sisidesa.com

Untuk kita yang masih dalam usia muda sebaiknya jangan berfikiran negatif tentang hari tua, misalnya hari tua akan membosankan karena banyak dirumah atau bahkan hari tua kita akan bernasib buruk dan hari tua akan bertolak belakang dengan kehidupan anda di masa produktif. Pikiran negatif ini akan membuat anda stress dan memperbesar resiko Alzheimer.

Begitulah isi dari study baru yang dilakukan oleh tim penelitian dari Yale School Public Health.

Bertahun-tahun peneliti mencoba menganilisis hubungan antara pikiran negatif tentang hari tua dan perkembangan penyakit Alzheimer. Selamam penelitian tersebut menganalisis sikap responden terhadap penuaan. Sekitar 158 orang sehat di usia 40-an berpartisipasi dalam Baltimore Longitudinal Study of Aging, salah satu study ilmiah tentang penuaan terlama yang pernah dilakukan.

Responden diminta membayangkan tentang hal-hal tentang hari tua, baik itu positif atau negatif, seperti "orang tua itu pelupa" atau "orang tua kesulitan belajar tentang hal-hal baru". Lalu para ilmuan kembali melakukan scan otak ketika orang-orang tersebut berada diakhir usia 60-an.

Hasilnya, responden yang memiliki pandangan negatif terhadap hari tua mengalami penurunan lebih besar dalam volume hippocampus bagian otak yang berperan penting dalam pengaturan memori. Dan penurunan volume tersebut merupakan indikator dari penyakit Alzheimer.

Para peneliti mengatakan, ini study pertama yang menemukan study pertama yang menemukan hubungan antara perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer dengan faktor psikologis sosial.

Menurut asosiasi Alzheimer, penyakit Alzheimer masuk dalam 10 penyebab kematian di Amerika yang tidak bisa di cegah dan di sembuhkan.

Diperkirakan 5,1 juta orang berusia 65 tahun ke atas menderita penyakit tersebut, dan jumlah itu diperkirakan terus meningkat menjadi 7,1 juta pada tahun 2025.

Menurut ahli syaraf perilaku, penemuan itu tidaklah mengejutkan, karena stress dapat berdampak pada tubuh dengan berbagai cara.

Seorang ahli syaraf Clifford Segil mengatakan, semua orang khawatir menjadi tua tetapi kita harus lebih optoimis tentang hari tua.


Source : kompas.com






Labels: Health

Thanks for reading PIKIRAN NEGATIF MENGENAI HARI TUA DAPAT MENINGKATKAN RESIKO ALZHEIMER. Please share...!

Back To Top