paringan.blogspot.co.id
Tips Aman Belanja Online


Memang tidak semua toko online itu melakukan penipuan, anda hanya perlu mengetahui beberapa tips belanja online dengan aman. Beberapa hal yang perlu anda selidiki sebelum anda memutuskan untuk melakukan transaksi dengan toko online antara lain sebagai berikut :

1. Apakah mereka memiliki situs sendiri.?

Pada contoh kasus yang tertulis ini adalah mengenai toko online yang ada di Facebook yang biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall anda seperti pasar. Dengan Catatan Tidak semua yang melakukan promosi seperti ini adalah scam atau penipuan. Tips aman berikutnya yaitu :

Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri atau Lebih baik lagi jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu menandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri. Karena memang tidak semua online shop atau toko online di Facebook adalah gadungan dan jika anda tetap ingin berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record yang baik, seperti mempunyai testimonial dari pelanggannya.

2. Bagaimana Dengan Harganya.?

Pada kasus diatas, si korban tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal, Dengan Catatan : Lebih baik jika anda tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal.


3. Bagaimana Kredibiltas Merchant.?

Hal pertama kali yang bisa Anda perhatikan ketika melakukan transaksi di internet adalah dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Jika kredibilitasnya bagus, maka Anda bisa lanjutkan transaksi Anda. Anda bisa melihat kredibilitas ini melalui rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasanya. Bisa juga dengan melihat review-review yang ada di internet, Anda bisa ketikkan di Google alamat perusahaan yang bersangkutan, kemudian bagaimana respon para reviewer-reviewer tersebut.

Merchant yang kredibel biasanya berani menampilkan alamat lengkap beserta media-media kontak yang dibutuhkan dan selalu siap sedia dimintai bantuan kapan saja. Namun jangan pula menjadikan reputasi bagus sebagai patokan seller tersebut terpercaya. karena walau reputasi bagus tidak menjadi jaminan apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak, tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jika penjual belum mempunyai reputasi, apalagi jika reputasinya jelek.

Reputasi belum tentu didapat berdasarkan baik/buruknya user tersebut menjual atau membeli barang, tapi ada kemingkinan didapatkan dari subforum-subforum lain di kaskus selain FJB (Forum Jual Beli), jadi jangan cuma melihat reputasinya saja dan memutuskan untuk langsung bertransaksi, periksalah hal-hal lainnya


4. Bagaimana Dengan Personalitas.?

Bila yang Anda ajak bertransaksi online adalah individual (seorang mandiri), sebenarnya sama saja dengan yang di atas, yakni juga dengan melihat kredibilitasnya, minimal Anda sudah mengenal dengan siapa Anda bertransaksi, entah itu lewat aktivitas bloggingnya atau web-webnya yang membuatnya bisa dipercaya.

Pada awalnya semua seller memang terlihat baik-baik saja, tapi tidak ada salahnya menyempatkan diri memeriksa hal-hal lainnya, karena orang bisa berubah, dulunya baik, sekarang siapa yang tahu. Dan biasanya juga masalah-masalah timbul belakangan.
Testimonial :

Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang pernah membeli dari penjual tersebut, Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja kaskuser yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh kaskuser dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik. Testimonial-testimonial dari penjual dapat dilihat di subforum khusus di fjb yaitu subforum Feedback dan lain sebagainya.

5. Bagaimana Dengan Sistem Pembayaran.?

Jangan Pernah Mengirim Uang Melewati Wire - Transfer – Services dan Jauhilah semua Transaksi yang dilakukan dengan Pengiriman Barang apabila hanya Scammer yang Garansi Transaksi anda.

Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi secara langsung (COD) jika memungkinkan dan Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada) serta Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan penjual namun Jika tidak dapat COD atau meminta bantuan teman, dapat menggunakan jasa sesama kaskuser yang membantu menjembatani penjual dan pembeli. Prosedurnya jika terjadi transaksi, pembeli antara penjual dan pembeli.

Bila Transaksi terjadi antara seller dan buyer berbeda kota maka harus disepakati oleh kedua belah pihak untuk menggunakan rekening bersama artinya pembeli mentransfer uangnya ke kaskuser pengelola rekening bersama setelah itu disepakati maka penjual mengirim barang ke pembeli sehingga ketika Barang sampai ke pembeli dan tidak ada masalah, uang akan ditransfer dari pengelola  rekening bersama kepada penjual. Hal ini berlaku juga sebaliknya jika terjadi masalah, misal barang tidak pernah sampai, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

Biasanya ada biaya untuk jasa seperti ini, besarnya tarif relatif, tergantung dari jenis rekening 
bersama apa yang kamu gunakan, Rekening bersama dapat ditemui di subforumfjb / services / others dan Rekening bersama sifatnya unofficial atau tidak resmi dikeluarkan oleh kaskus, Salah satu tujuan Rekening Bersama ini untuk meminimalisir penipuan.

6. Bagaimana Transaksi melalui Komputer.?

Berhati-hatilah saat melakukan transaksi dengan komputer yang Anda gunakan, terlebih bila Anda menggunakan komputer orang lain seperti komputer warnet atau teman Anda sendiri. Usahakan untuk tidak memberikan informasi finansial seperti bank acc info, paypai account dan informasi lainnya.

Karena saat ini banyak program-program yang bisa mendeteksi (mencatat) ketikkan orang melalui keyboard yang digunakannya, berakibat memungkinkan data-data penting Anda bisa terekam secara disengaja atau tidak disengaja diletakkan oleh yang punyanya. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan komputer sendiri atau kalaupun terpaksa menggunakan PC orang, jangan lupa lakukan logout dan menghapus cookies danchace browser setelah pekerjaan Anda selesai, karena bagaimanapun juga ini lebih aman.

Serta waspada lah terhadap email anda karena Email merupakan media yang kerap sekali dijadikan alat pencurian data-data penting karena memang sifatnya yang lebih private, banyak modus-modus penipuan yang memanfaatkan media e-mail ini. Seperti kasus suatu pesan yang yang mengaku-ngaku CS pembayaran online dan meminta pemiliknya untuk  memasukkan informasi login dan memintanya mengklik link yang ada dalam pesan tersebut, tapi ternyata setelah link di klik sedangkan username dan password telah dimasukkan, bukannya malah masuk ke account tapi malah ke link lain.

Di lain pihak sang pembuat email mendapat data-data penting tersebut dan tidak lama kemudian hilanglah jumlah uang yang berada pada account orang tersebut. Kegiatan ini sering disebut phishing, yakni pencurian data-data dengan cara memancing seperti disebutkan di atas. Agar hal tersebut tidak menimpa Anda, alangkah lebih baiknya jika Anda mendapat pesan demikian bukan mengklik link dalam email tersebut, melainkan langsung Anda ketikkan di browser Anda, walaupun itu bukan email SPAM.
Demikian pula dengan file-file hasil upload dan download, karena tidak sedikit darinya mengandung program-program yang bisa mengambil data. Proteklah komputer Anda dengan anti virus, spyware, malware dan program-program yang membahayakan. Sebaiknya Anda juga menghindari menyimpan informasi login data-data digital payment Anda di komputer atau media penyimpanan lainnya. Untuk data yang seperti ini, Anda wajib menghafalnya. Bagaimanapun juga ini lebih menghindari kejahatan-kejahatan seperti di atas.

Itulah tips-tips dan cara bagaimana cara aman melakukan transaksi online. sebenarnya masih banyak lagi, hal-hal yang harus Anda perhatian selain di atas, tapi saya rasa itu sudah cukup.

INGAT.!!!! Kejahatan terjadi bukan hanya ada niat pelakunya tapi juga ada kesempatan.. Waspadalah.! Waspadalah.!

Semoga Bermanfaat...