Tumpeng seberat 2,5 ton dengan tinggi 5,2 M dan diameter 4 M yang di buat warga Pacitan berhasil memecahkan Rekor Muri. Tiwul raksasa ini ditempatkan di tengah alun-alun Pacitan. Ratusan orang memadati alun-alun Pacitan untuk melihat pemecahan rekor tersebut (Sabtu 19/8/2017).
paringan.blogspot.com
Tumpeng tiwul yang megah tersebut pada bagian atas berkibar bendera merah putih dan di bagi menjadi delapan tingkatan  dengan makna bulan ke delapan atau bulan Agustus.

Pada bagian bawah tumpeng ada berbagai sayuran dan lauk berupa ikan, tahu, tempe, urap, dan sayuran. Untuk ikan, ada 17 jenis ikan hasil laut Pacitan yang bermakna tanggal 17 atau tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain tumpeng raksasa, ada juga tumpeng berukuran kecil sebanyak 45 dengan makna tahun dimana Negara Indonesia merdeka.

Sehingga komponen yang ada pada tumpeng raksasa ini melambangkan Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Tumpeng ini di buat khusus untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Eksekutif Manajer Muri (Sri Widayati) mengatakan tumpeng tiwul tersebut secara resmi telah memecahkan rekor sebagai tumpeng tiwul tertinggi dan terbesar. Tumpeng tiwul itu telah tercatat di Muri. 

Tumpeng tiwul ini juga termasuk rekor baru. Sebelumnya ada rekor tiwul terpanjang di Wonogiri dengan panjang 524 M pada tahun 2008. Tumpeng berbahan nasi dengan tinggi 11 M di pecahkan di Kediri.

Tumpeng tiwul di Pacitan ini di buat oleh 274 orang dengan 39 group dan selesai dengan waktu sekitar 8 Jam.

Source : MadiunPos