Kabupaten Trenggalek di tetapkan sebagai salah satu kabupaten menuju layak anak berkat keberhasilan dalam mengembangkan sistem pembangunan berbasis pemenuhan hak-hak anak.
paringan.blogspot.com

“Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise kepada Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin di Pekanbaru, Riau, Sabtu [22/7/2017]."

Dia menambahkan Kab. Trenggalek mendapat penghargaan karena di nilai mempunyai sistem pembangunan berbasis pemenuhan hak-hak anak. Hal itu terlihat melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan, program, maupun kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Meskipun telah dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten menuju layak anak, kata Agus, Trenggalek tetap harus terus berbenah sehingga sistem pembangunan berbasis pemenuhan hak anak ini terwujud dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Wabup Trenggalek Moch. Nur Arifin menyatakan bersyukur atas penghargaan yang diterima daerahnya. “Pastinya kami bersyukur atas penghargaan ini,” ungkap dia saat dimintai konfirmasi.

Arifin menambahkan bagaimanapun prestasi dan penghargaan itu sekaligus menjadi pelecut bagi daerahnya untuk terus meningkatkan kualitas pembangunan berbasis pemenuhan hak anak.

“Harus instropeksi, karena penghargaan ini masih pratama dan masih banyak yang perlu ditingkatkan,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise berharap ada kabupaten dan kota di Indonesia yang benar-benar layak anak di Indonesia.

Dikatakan, penghargaan kabupaten dan kota layak anak merupakan penghargaan tertinggi namun daerah belum ada yang bisa karena yang ada baru kabupaten dan kota menuju layak anak.

Dia mengatakan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2017 diberikan kepada daerah yang masih dalam tahap menuju layak anak.

Menurut Menteri Yohana, untuk menjadi kabupaten/kota layak anak membutuhkan komitmen yang kuat dan membutuhkan kerja sama semua pihak termasuk kalangan masyarakat, media massa, keluarga dan anak.

Pada 2017 ini sebanyak 126 kabupaten dan kota menerima anugerah sedangkan tahun sebelumnya berjumlah 77 kabupaten/kota.

Anugerah kategori layak anak ini hingga 2017 ini masih dinyatakan nihil, sedangkan anugerah kategori utama diraih kota Surabaya dan Surakarta. Sedangkan anugerah kategori nindya adalah Denpasar, Gianyar, Padang, Magelang, Depok, Bogor dan Sleman.

Source : MadiunPos