-->

Kumpulan Makalah, Artikel dan Share Informasi

25 Desa di Ponorogo Akan Digelontor 25 Juta Jika Ditunjuk Sebagai Desa Wisata

Sebanyak 25 Desa di Kab. Ponorogo akan disiapkan sebagai Desa Wisata dan masing-masing Desa yang termasuk didalamnya akan mendapat dana sebesar 25 juta rupiah dari Pemkab pada tahun 2017.
paringan.blogspot.com
Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Sapto Jatmiko, mengatakan sampai saat ini ada 80 desa yang mengajukan diri untuk menjadi desa wisata. Namun, hanya ada 25 desa yang dianggap memenuhi persyaratan sebagai desa wisata.

Sapto menuturkan Desa yang ditetapkan sebagai Desa Wisata harus memiliki potensi alam yang layak dikunjungi, seperti hutan pinus, sungai, air terjun.dll. Selain itu juga melihat partisipasi masyarakat dalam mengelola SDA yang dimiliki.

“Partisipasi masyarakat ini dibuktikan dengan adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa. Kalau tidak punya Pokdarwis tidak akan ditunjuk sebagai desa wisata,” jelas dia

Desa yang ditunjuk sebagai desa wisata, kata dia, minimal dalam satu bulan juga telah dikunjungi seribuan orang. Hal ini menjadi asumsi bahwa desa yang sudah dikunjungi wisatawan itu memang memiliki potensi yang bisa dikembangkan dalam program desa wisata ini.

25 Desa tersebut masih dikaji oleh Pemkab Ponorogo, bebebrapa Desa yang dimungkinkan mendapatkan bantuan adalah Desa Karangpatihan, Desa Jurug, Desa Wagirkidul dan desa lainnya.

Setiap Desa yang ditunjuk sebagai Desa Wisata akan mendapat dana bantuan sebesar 25 juta rupiah untuk pengembangan fasilitas umum, seperti toilet,dll dengan alasan fasilitas umum merupakan kebutuhan yang sangat penting di tempat wisata.

“Kami nantinya akan melakukan pembinaan kepada Pokdarwis yang mengelola desa wisata yang ditunjuk. Supaya proses pengembangan desa wisata bisa berjalan sesuai keinginan.” terang Sapto.


Dilansir : MadiunPos
Labels: Info

Thanks for reading 25 Desa di Ponorogo Akan Digelontor 25 Juta Jika Ditunjuk Sebagai Desa Wisata. Please share...!

0 Komentar untuk "25 Desa di Ponorogo Akan Digelontor 25 Juta Jika Ditunjuk Sebagai Desa Wisata"

Back To Top