Baru-baru ini para Netizen di buat bingung dengan gambar yang cukup menarik, yakni gambar yang dideskripsikan pertemuan anatara mobil Ambulans, Damkar dan Mobil Presiden, dijelaskan juga ketiga mobil tersebut sedang terburu-buru karena menjalankan tugas.
paringan.blogspot.com
Pertanyaannya mana yang lebih diprioritaskan dari ketiga mobil tersebut.? Menurut Wakil Kepala Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Indra Jafar, pada dasarnya semua mobil tersebut penting mendapatkan jalan khusus.

"Soalnya memang diatur dalam undang-undang, beberapa kendaraan yang patut diprioritaskan bagi pengguna jalan lain, sebagai contoh : Ambulans, Pemadam Kebakaran, Presiden." Ujar Indra.

Saat ditanyai soal prioritas utama ketika semuanya bertemu dalam satu tempat, Indra menjelaskan semuanya memiliki kepentingan yang sama dan diproritaskan. "Semuanya sama. Apabila dalam kondisi darurat dan benar-benar membutuhkan bantuan, pemadam kebakaran lah yang jadi prioritas utama. Sebab kebanyakan pemadam kebakaran mendapatkan tugas yang mendadak dan mesti didahulukan."

Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993 pasal 65 ayat 1 yang mengatur tentang prasarana dan lalu lintas jalan, menjelaskan Pemakai Jalan wajib mendahulukan sesuai urutan prioritas. Kendaraan Pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugas di posisi utama, sedangkan, ambulans, dan mobil kepala negara atau pemerintah asing diurutan kedua dan ketiga.


Dilansir : VivaNews