-->

Kumpulan Makalah, Artikel dan Share Informasi

6 Tips Aman Menggunakan Wifi Gratis

Jaringan wifi atau internet nirkabel sering kita jumpai di kota-kota besar maupun sudut kota, restoran, hotel atau tempat lainnya. Namun anda harus hati-hati karena aktivitas ini menjadi celah yang dapat digunakan oleh para penjahat dunia maya / hacker untuk meretas data anda lewat jaringan wifi palsu. Jika anda tidak berhati-hati dan terpancing, login kredensial anda bisa di curi.


render12.blogspot.co.id
6 Tips Aman Menggunakan Wifi Gratis

Namun untuk membedakan jaringan wifi palsu atau tidak bukan hal yang mudah, saran terbaik adalah tidak menggunakan wifi ditempat umum (wifi gratis tanpa pasword) dan hanya menggunakan data ponsel saat ditempat umum.

Meski saran tersebut adalah saran terbaik, namun bila kurang efesien. Berikut adalah 6 Tips dari Kapersky Lab untuk melindungi anda dari ancaman tersebut :

1. Jangan Percaya pada jJaringan Wifi yang tidak Memerlukan Pasword.

Para penjahat cyber biasanya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi anda. Meski tidak dapat dipungkiri juga penjahat wifi bisa membonol pasword wifi yang ada di kafe atau pusat perbelanjaan untuk menciptakan jaringan palsu dengan nama yang sama.

2. Matikan Wifi saat Anda tidak Menggunakannya.

Langkah ini akan melindungi data dan menghemat penggunaan batrai, cek apakah wifi tersambung otomatis atau tidak. 

Selain itu metode juga melindungi anda dari metode pelacakan yang dilakukan oleh berbagai organisasi. Misal, ketika anda berada di pusat perbelanjaan dengan Wifi yang aktif, tentunya ponsel akan mencari jaringan dan pada saat yang sama mentransmisi alamat MAC yang dimiliki oleh masing-masing ponsel. Setiap hotspot yang menerima permintaan akses dari ponsel dapat mencatat data ini. Berdasarkan informasi tersebut, para marketing seringkali memetakan rute klien untuk mencari tahu barang apa yang disukai oleh mereka.

3. Membatasi Kebutuhan.

Ketika menggunakan wifi gratis jangan menggunakannya untuk membuka akun perbankan atau layanan penting lainnya. Bila perlu selalu gunakan data mobile anda saat membuka layanan penting.

4. Saran untuk pengguna Google Chrome, Modzila Firefox, Opera. Bila anda sering bepergian dan selalu online dilaptop saat berada di hotel, kafe atau tempat umum lainnya, maka unduhlah plugin khusus untuk membantu anda mengakses internet secara aman.

Disarankan untuk menggunakan HTTPS Everywhere Electronic Frontier Foundation(EFF). Umumnya hal tersebut akan memberikan koneksi aman.

5. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Virtual Private Network (VPN). Metode ini sangatlah baik untuk melindungi data anda karena layanan Vpn akan mengenkripsi semua data yang anda kirimkan.

Pada umumnya koneksi Vpn mengharuskan anda untuk membayar, Namun anda dapat mencari versi gratisnya seperti ProXPN, Your Freedom, Cyber Ghost, Hostpot Shield. Disamping itu VPN juga memberikan anda keuntungan tambahan yakni dapat menyediakan layanan akses pada berbagai sumber yang disensor  di dalam maupun luar negeri (Jika Anda Membutuhkannya)

6. Mengunduh solusi keamanan / anti virus yang tentunya dapat diandalkan.


Source : Liputan6

Labels: Artikel

Thanks for reading 6 Tips Aman Menggunakan Wifi Gratis. Please share...!

Back To Top