paringan.blogspot.co.id
Isi Proposal Skripsi


Judul Proposal

Syarat-syarat judul Proposal
  1. Merupakan topik yang akan di teliti, bersifat spesifik (terbatas) dan mendesak untuk di carikan permasalahannya.
  2. Belum pernah di teliti orang lain. Jika dalam topik tertentu sudah pernah diteliti orang lain, penelitian dapat dilakukan dengan syarat metode dan pendekatan serta fokus/masalah harus berbeda
  3. Diungkapkan dalam kalimat simpel (sederhana) tetapi mampu menunjukan dengan jelas independent variabel dan dependent variabel-ny, atau konsep tentang sesuatu yang di teliti.
  4. Judul menggambarkan problematika yang terkandung dalam tema yang akan diteliti.
  5. Judul dibuat dengan kalimat ganda, yakni kalimat pertama bersifat umum, diikuti kalimat yang menunjukan fokus persoalan yang diakji. Ungkapan / kalimat tidak bersifat bombastis, namun menarik.
Latar Belakang
  1. Memuat argumentasi tentang pentingnya dilakukan penelitian dan bagaimana cara melakukannya. Artinya penting secara akademik (teorotik) dan atau penting untuk memecahkan masalah yang di hadapi
  2. Dibangun dalam argumen yang jelas, didukung data dalam setiap poin dan ditunjukan bagaimana masalah itu terintegrasi secara kenseptual.
  3. Argumen penelitian dapat terinspirasi oleh hasil penelitian orang lain, data-data statistik, hasil bacaan jurnal penelitian, studi pustaka, pengamatan terhadap terjadinya kesenjangan antara " seharusnya " dan fakta-fakta sosial "yang ada". Jadi latar belakang hendaknya berisikan argumentasi yang dibangun tidak boleh inkonsisten atau tidak relevan.
  4. pemaparan latar belakang dapat di mulai dari gejala yang umum sampai yang lebih spesifik.
  5. Tidak memuat hal-hal yang tidak relevan dan bersifat normatif saja. Misalnya menonjolkan pasal-pasal UUD 45 atau peraturan yang berkaitan dengan pendidikan, smentara pokok persoalan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti tidak digambarkan.
Batasan Masalah
  1. Batasan masalah digunakan untuk penelitian kuantitatif dan peneliti harus menjelaskan bahwa karena keterbatasan waktu, dana, tenaga,dll maka penelitian sebaiknya di batasi pada beberapa variabel penelitian. Sementara itu, fokus penelitian hanya digunakan dalam penelitian kualitatif, dengan asumsi bahwa gejala sosial bersifat holistik (menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan) meliputi tiga aspek : a. Place b. Actor c. Activity yang berinteraksi secara sinergis. sehingga tidak bisa hanya di dasarkan pada variabel penelitian.
Rumusan Masalah
Batasan Rumusan Masalah ata fokus penelitian dikembangkan menjadi rumusan masalah dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Berdasarkan latar belakang masalah dan batasan masalah atau fokus penelitian, peneliti merumuskan masalah sebagai upaya untuk menyatakan pertanyaan-pertanyan yang hendak dicarikan jawabannya. lebih baik menggunakan awalan "Bagaimana" dan ditulis singkat, padat dan jelas.
  2. Pertanyaan peneliti sangat berkaitan dengan tjuan dan sifat penelitian yang akan dilakukan. Artinya perumusan masalah sangat tergantung dengan tujuan penelitian dan jenis penelitian.
  3. Perumusan masalah dalam penelitian kuantitatif minimal menyatakan hubungan anatar dua gejala (variabel), sedangkan dalam penelitian kualitatif memuat apa yang akan diteliti dan harus dapat diteliti secara empiris serta dikemukakan secara eksplisit.
Tujuan Penelitian

  1. Tujuan penelitian merupakan hal spesifik yang diinginkan dari kegiatan penelitian berdasarkan rumusan masalah. Jadi, harus ada konsistensi antara rumusan masalah, tujuan penelitian dan kesimpulan.
  2. Minimal ada 3 tujuan dalam penelitian, untuk mengeksplorasi, untk menggambarkan, untuk menjelaskan dan untuk memprediksi, jika dalam perumusan masalah di mulai dengan "apa" maka tujuannya adalah mengeksplorasi atau menggambarkan, namun jika dimulai dengan "mengapa" maka tujuanya adalah menjelaskan.
Manfaat Penelitian
  1. Hasil yang ditawarkan betul-betul didasarkan pada keyakinan bahwa diperlukan dan hal serupa belum diajukan pihak lain. Karena itu, tawaran harus diajukan berdasarkan informasi yang lengkap bahwa tawaran tersebut betul-betul bermanfaat.
  2. Manfaat atau pentingnya penelitian ditujukan baik secara teoritis maupun kritis.
  3. Kegunaan ini dirumuskan secara spesifik sesuai dengan problem yang akan dipecahkan / dijawab.
Hipotesis
  1. Hipotesis merupakan jawaban sementara aas masalah yang telah dirumuskan. Namun, tidak semua penelitian membutuhkan hipotesis.
  2. Dalam penelitian kuantitatif hipotesis merupakan pernyataan yang berisi dua variabelatau lebih untuk di uji. Hipotesisi hanya relevan ketika penelitian sedang menguji teori (verifikasi) yang bersifat kuantitatif.
  3. Dalam penelitian kualitatif hipotesis lebih berfungsi sebagai petunjuk jalan, maka sering disebut hipotesisi dalam pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, Namu, hipotesis kerja lazim tidak dituliskan.
Tinjauan Pustaka
  1. Tinjauan putaka adalah berisi pandangan atau pendapat para ilmuwan yang di nukil atau di rujuk dari buku-buku atau hasil penelitian yang relevan dengan masalah yang di bahas dalam judul penelitian.
  2. Memaparkan aspek apa saja yang telah di teliti oleh peneliti lain, pendekatan dan metode apa yang di gunakan, dan kontroversi-kontroversi dalam hasil penelitian.
  3. Menunjukan apa yang belum diteliti yang menjadi dasar suatu penelitian dilakukan (kekurangan yang perlu dilengkapi.
Metode Penelitian
Bebrapa hal yang dituliskan dalam metode penelitian antara lain :
  1. Jenis penelitian dan pendekatan yang dipakai, misalnya penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografis, penelitian kuantitatif dengan pendekatan exsperimen atau non exsperimen.
  2. Penjelasan tentang subjek/populasi atau partisipan penelitian dan karakter populasi, juga pengambilan sampel dan infiorman/responden/partisipan penelitian.
  3. Penjelasan tentang jenis data dan sumber data yang di butuhkan.
  4. Penjelasan tentang tekhnik pengumpulan data yang akan digunakan dan data yang akan dikumpulkan dengan tekhnik tersebut.
  5. Penjelasan tentang tekhik analisis data.
Daftar Pustaka
  1. Yakni penulisan daftar buku / bacaan dan rujukan yang mendukung dan relevan dengan judul penelitianyang dilakukan.
Rencana Daftar Isi
  1. Yakni sebuah outline tentang gambaran isi skripsi yang akan ditulis. Berisi bab dan sub bab yang akan ditulis dalam laporan penelitian/skripsi.


"  Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo 2015 "