Kerajinan batik tulis di Ponorogo sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan yakni tahun 1921. Pada saat itu memiliki motif batik burung merak, reog, dan singa. Motif itu merupakan identitas Ponorogo yang sejak dahulu telah mengenal kesenian reog.

paringan.blogspot.com

Ciri batik ini memiliki warna gelap dengan pewarna alami. Namun saat ini sudah jarang di temui batik khas Ponorogo tersebut.

Salah satu pembatik yang masih eksis dan secara konsisten mempertahankan ciri khas batik Ponorogo yaitu Mariyana, 62. Dia memiliki tempat produksi dan butik yang juga menggunakan namanya sebagai brand hasil karyanya.

Mariyana adalah anak dari salah satu pengagas batik khas Ponorogo pada tahun 1921. Ayahnya bernama Faisoludin, bersama sejumlah rekannya membuat ikon kota reog berupa batik motif merak dan atribut kesenian reog.

Menurut Mariyana, motif merak, reog, singa, dan berbagai atribut kesenian reog merupakan jati diri dan ciri khas kain batik asal Ponorogo. Sehingga, ketika itu hilang dan digantikan motif yang baru tentu akan mengurangi nilai jual batik khas Ponorogo.

Meski saat ini sudah banyak kain batik yang di produksi secara massal dengan printing dan dengan harga murah, namun dia berkomitmen tidak akan membuat batik khas ponorogo dengan cara yang seperti itu.

Mariyana mengaku dalam membuat kain batik dengan edisi terbatas, sehingga kain tersebut tidak terkesan pasaran. Dia mengatakan dalam pembuatan kain batik paling banyak mengeluarkan satu motif dengan 650 potong, sedang kain batik karyanya hanya di keluarkan 20 potong per motif.

Untuk harga kain batiknya berkisar sekitar 100 rb - 1 jt / potong tergantung dengan motifnya.

Dalam menjalankan usahanya, ibu tiga anak ini dibantu oleh 30 pembatik yang merupakan warga Ponorogo. Mereka yang membantu Mariyana saat mendapatkan banyak orderan dari konsumen.

“Banyak wisatawan baik lokal maupu mancanegara yang saat berkunjung ke Ponorogo biasanya mampir ke butik saya untuk membeli batik motif khas Ponorogo untuk dijadikan buah tangan,” jelas dia.





Source : MadiunPos