-->

Kumpulan Makalah, Artikel dan Share Informasi

Proposal Idul Yatama

MERAIH BERKAH DALAM INDAHNYA BERBAGI

A. Latar Belakang

Beruntunglah orang-orang yang dititipi Allah aneka potensi kelebihan dan dikaruniakan kesanggupan memanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Karena ternyata derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauh mana dirinya memiliki nilai manfaat bagi orang lain. Dalam hal ini Rosullullah bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. (HR. Bukhori Muslim).

Meraka kata Rosullullah, adalah sebaik-baik manusia. Mereka mendapatkan cinta Allah karena kebaikan dan manfaat hidupnya terhadap orang lain. Semakin banyak manfaat yang diberikan seseorang kepada orang lain sebanding lurus kualitas kepribadian dihadapan banyak orang.
Untuk menjadi seseorang yang senantiasa memberi manfaat kepada orang lain, kita perlu menyiapkan beberapa hal dalam diri kita, antara lain:

Pertama, Senantiasa meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, memberi saat keadaan lapang itu biasa, tetapi kita memberi dalam kesempitan, inilah yang sebenar-benarnya.

Kedua, Kikislah sikap egois dan serakah dalam diri kita, seperti yang dicontohkan kaum ansor saat menolong sahabat-sahabatnya.

Ketiga, Kita senantiasa menanamkan dalam diri kita logika bahwa harta kita adalah apa yang kita berikan kepada orang lain (Infaq di jalan Allah), bukan ada ditangan kita. Bagi orang yang beriman, banyak berinfaq berarti sedang menambah tabungan kita di akhirat, dan kelak kita akan menikmati hasilnya secara terus menerus tanpa henti di kehidupan akhirat.

Indahnya berbagi adalah salah satu ajaran islam yang mengajarkan pada pemeluknya untuk saling membantu sesama saudaranya, terutama membantu yang sedang dalam keadaan kekurangan, karena kehilangan tulang punngung pencari nafkah dan figur orang dalam hidupnya mereka masih banyak yang tidak sanggup dalam menuntut ilmu dan tidak bisa melanjutkan pendidikan kelebih tinggi. Karena itu uluran tangan kita sebagai saudaranya tentu sangat berarti, artinya tidak hanya dengan simpati, tapi perlu ada tindakan nyata dengan memberi bantuan materil berupa harta benda.

Adalah sangat berdosa bagi kita apabila kita berdiam atas penderitaan mereka walaupun bantuan itu cukup memenuhi kebutuhan hidupnya, akan tetapi paling tidak memberi semangat hidup mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka dan bisa menjalankan sunnah Rosullullah SAW.

Maka dengan ini, kami panitia kegiatan idul yatama (hari anak yatim) yang berkedudukan di Desa Ponorogo Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo mengajukan Proposal Pengumpulan Dana Santunan Anak Yatim Piatu, mengetuk hati kita semua untuk menyisihkan sebagian harta benda yang kita miliki untuk membantu meringankan beban hidup anak-anak yatim, karena di dalam harta kita sebagian untuk mereka.


B. Landasan Pemikiran

1. Al-Qur’an;

" Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama.? , Itulah orang yang menghardik anak yatim,  dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin. (QS. Al-Ma’un: 1-3) "

2. Hadist Nabi SAW

"Sedianya sembahyangku akan kupanjangkan, namun bila ku dengar tangisan bayi, terpaksa aku singkatkan kerana mengetahui betapa gelisah hati ibunya, dan di mana saja baginda dengan anak kecil maka dengan penuh kasih sayang dipegangnya." (HR. Bukhori)

C. Tujuan 

Tujuan santunan anak yatim ini untuk:
1. Membantu meringankan kehiduan anak yatim dan fakir miskin.
2. Memberikan semngat dan motivasi anak yatim dalam menjalani kehidupan.
3. Mengaplikasikan dan memasyarakatkan ajaran infaq dan sedekah dikalangan umat islam.
4. Meningkatkan siar ukhuwah islamiyah di wilayah pelaksanaan santunan yatim piatu.
5. Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

D. Tempat dan Waktu Kegiatan

Tempat pelaksanaan : Halaman Masjid Jami’ Al Husain
Waktu pelaksanaan : 30 Oktober - 2 Nopember 2014

E. Rencana Biaya Anggaran

Adapun anggaran dana yang dibutuhkan untuk kegiatan sosial ini, sebesar Rp. 65.000.000,- (enam puluh lima juta).

(untuk detail anggaran silahkan dibuat sendiri-sesndiri sesuai anggaran yang digunakan dalam acara tersebut, jangan korupsi.hehehehe)


SALURAN BANTUAN DANA UNTUK ANAK YATIM PIATU KE:
Rek Bank BRI Unit Jenangan
a.n.
KELOMPOK IDUL YATAM
No. Rek. 6504 ..................................
(mohon konfirmasi sebelum dan sesudahnya)

barang siapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam
 keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang
 lebih baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan 
pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan
(QS. An-Nahl : 97)

F. Penutup

Demikian proposal ini kami sampaikan, semoga kita semua terketuk hatinya untuk ikut serta dalam berpartisipasi baik itu moril maupun materiel membantu santunan anak-anak yatim piatu yang kami selenggarakan. Tanpa dari Bapak/Ibu/Saudara/I selaku Donatur dan Dermawan kegiatan mulia ini tidak berjalan, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungannya guna kelancaran kegiatan ini.
Semoga Allah SWT membalas amal baik kita semua dengan balasan berlipat ganda Jazakumulloh Khayran Katsiran.


(untuk ketua, skretaris, bendahara, dikasih sendiri ya.hehe) Proposal Idul Yatama


Labels: Surat

Thanks for reading Proposal Idul Yatama. Please share...!

Back To Top