Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Jatim di Ponorogo cukup meriah, hampir 34 Bupati dan Wali kota memenuhi Kota Reog (Kamis 27/7/2017). Tak lupa kesenian Reog turut menyambut kedatangan Gubernur Jatim Pak dhe Karwo beserta rombongan.
paringan.blogspot.com
Acara tersebut juga ada hubungannya dengan program KB yang di canangkan oleh pemerintah. " Jika Anda Sayang pada Pasangan, Dua Anak Cukup ".

Lebih lanjut, bahwa program KB di Ponorogo cukup sukses, karena dari 165.000 pasangan usia subur yang ikut program KB sebesar 66,5 %. Usia wanita yang menikah di bawah 20 tahun hanya 9,8 %. "Itu jelas di bawah angka dari Jatim yang mencapai 16 %, Ujar Ipong dengan bangga.

Untuk mendukung program KB, Pemkab Ponorogo juga ada program KB pria dan itu juga sudah ada sekitar 57 orang yang ikut.

Ipong juga membeberkan fakta di lapangan, Ponorogo surplus beras. Ia mengaku, petani Ponorogo memiliki hasil panen 580.000 ton beras. Sementara yang di konsumsi warga Ponorogo hanya 160.000 ton beras, jadi surplus 420.000 ton beras yang keluar Ponorogo.

Jika KB nya tidak berhasil, mungkin beras akan menyebar di Ponorogo saja dan perekonomian Ponorogo hanya itu-itu saja, Imbuh Bupati Ponorogo tersebut.

Di sisi lain, Pakde Karwo, mengatakan pertumbuhan pendudk Jatim hanya 0,61 %, dimana dalam 4 tahun terakhir tidak sampae 1 juta jiwa.

Source : BeritaJatim