Menjelang ramadan harga kebutuhan pokok di pasar songgolangit Ponorogo mulai niak, mulai dari cabe rawit, bawang putih serta kentang. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat agak turun.

paringan.blogspot.com

Untuk harga cabai rawit yang semula seharga RP 14 ribu kini naik menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Bawang putih yang biasanya Rp 25 ribu kini naik menjadi Rp 31 ribu perkilogram. Sementara kentang yang semula Rp 8 ribu kini naik menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ini terjadi sejak beberapa hari yang lalu, karena sulitnya stok di pasaran. Kenaikan juga di picu momen menjelang ramadan. Kenaikan tersebut menurut salah satu pedagang di pasar songgolangit (Tuminem) akan terus terjadi hingga lebaran nanti.

Namun tidak seluruhnya harga kebutuhan dapur mengalami kenaikan. Beberapa diantaranya justru malah turun. Seperti cabai merah besar yang semula Rp 24 ribu kini hanya Rp 20 ribu per kilogram . Cabai merah keriting juga turun harga dari Rp 18 ribu menjadi Rp 14 ribu perkilogram. Sementara harga tomat justru anjlok dari Rp 8 ribu menjadi Rp 3 ribu perkilogram. Turunnya harga beberapa jenis bumbu dapur karena musim panen petani setempat. 




Source : Pojok7